“UTS Ganjil 2014”

  1. Apa yang dimaksud dengan komunikasi ?

Komunikasi adalah sebagai suatu sistem yang dipergunakan oleh seseorang atau lembaga dalam memberikan suatu pesan kepada seseorang atau lembaga dengan harapan yang menerima pesan tersebut melalui suatu peralatan mengerti isi pesan tersebut.

  1. Sebutkan 4 keragaman komunikasi beserta penerapan keragaman komunikasi tersebut ?

Keragaman Komunikasi:

  • Komunikasi Audio: Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan atau tertulis. Contoh: Tape recorder, Tlp, dan radio.
  • Media Komunikasi: Suatu alat Komunikasi yang melalui pendengaran.
  • Media Komunikasi Audio: Media yang hanya dapat didengar saja. Contoh: Telepon.
  • Komunikasi Visual: suatu rangkaian proses penyampaian informasi kepada pihak lain dengan menggunakan media penggambaran yang hanya kebaca oleh indra penglihatan. Contoh: Seni, Komputer, Gambar, Grafik, Ilustrasi, dll.
  • Komunikasi Audio Visual: Gabungan dari audio dan video dengan menvisualkan sekaligus mendengarkan isi pesan atau informasi dengan media penunjang. Contoh: televisi, VCD, DVD, Komputer, dll.
  1. Apa yang anda ketahui tentang komunikasi data ?

                Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerima data dari dua atau lebih device (sumber). Alat seperti: Komputer, Laptop, Printer, dll.

  1. Sebutkan jenis jaringan komunikasi data ?

MAN, WAN, LAN, Wireless, Internet

  1. Sebutkan jenis-jenis komunikasi data ?
  1. a) Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya.
  1. b) Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya.

6. Apa yang dimaksud dengan protokol jaringan ?

            Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

  1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Open System Interconnection (OSI) diperkenalkan oleh International Standard Organitation (ISO).

Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

  1. Sebutkan perangkat keras komputer untuk mendukung sebuah komunikasi jaringan ?

                Modem, Hub, Bridge, Router, Getway, Repeater, Multiplexer.

  1. Gambarkan 7 lapisan osi dan jelaskan salah satu dari tujuh lapisan tersebut dengan menggunakan bahasa pembahasan anda masing-masing.

0

  • Application: Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat
    pesan-pesan kesalahan. Protocol yanmg berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
  • Presentation: Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
  • Session: Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara atau di hancurkan. Selain itu, di level inio juga dilakukan resolusi nama.
  • Transport: Transport layer bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end – to _ end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling) Berfungsi untuk memecahkan data kedalam paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.
  • Network: Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat Header untuk paket- paket dan kemudian melakukan routing melalui internet-working dengan menggunakan router dan switch layer 3.
  • Datalink: Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras( seperti halnya di Media Access Kontrol Address ( MAC Address), dan menetukan bagaimna perangkat perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level; ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC)dan lapisan Media Access Control (MAC).
  • Physical: Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana. Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel
    atau radio.

1 comments

  1. lukmanfaruk · Oktober 25, 2014

    Hasil jawaban UTS Sudah di nilai

    Suka

Tinggalkan komentar