7 fungsi lapisan OSI

image

· Application
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat
pesan-pesan kesalahan. Protocol yanmg berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
·Presentation

Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
· Session
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara atau di hancurkan. Selain itu, di level inio juga dilakukan resolusi nama.
· Transport
Transport layer bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end – to _ end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling) Berfungsi untuk memecahkan data kedalam paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.
· Network
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat Header untuk paket- paket dan kemudian melakukan routing melalui internet-working dengan menggunakan router dan switch layer 3.
· Datalink
Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras( seperti halnya di Media Access Kontrol Address ( MAC Address), dan menetukan bagaimna perangkat perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level; ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC)dan lapisan Media Access Control (MAC).
· Physical
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana. Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel
atau radio.

penerapan dari salah satu contoh fungsi 7 lapisan OSI:

lapisan Application Software

Fungsi yang terkait dengan protokol lapisan aplikasi jaringan memungkinkan masyarakat untuk layanan dengan jaringan data yang mendasarinya. Ketika kita membuka web browser atau jendela pesan instan, aplikasi dimulai, dan program ini dimasukkan ke dalam memori perangkat mana ia dieksekusi. Setiap program melaksanakan dimuat pada perangkat ini disebut sebagai sebuah proses.
Dalam lapisan aplikasi, ada dua bentuk program perangkat lunak atau proses yang menyediakan akses ke jaringan: aplikasi dan layanan.

Jaringan Aware Aplikasi

Aplikasi adalah program perangkat lunak yang digunakan oleh orang untuk berkomunikasi melalui jaringan. Beberapa pengguna akhir aplikasi jaringan-sadar, yang berarti bahwa mereka menerapkan protokol lapisan aplikasi dan dapat berkomunikasi langsung dengan lapisan bawah protokol stack. E-mail client dan web browser adalah contoh dari jenis aplikasi.

Aplikasi lapisan Layanan

Program lain mungkin memerlukan bantuan dari layanan lapisan Aplikasi untuk menggunakan sumber daya jaringan, seperti transfer file atau spooling jaringan cetak. Meskipun transparan kepada pengguna, layanan ini program yang antarmuka dengan jaringan dan menyiapkan data untuk transfer. Berbagai jenis data – apakah itu teks, grafik, atau video – membutuhkan layanan jaringan yang berbeda untuk memastikan bahwa itu benar siap untuk diproses oleh fungsi yang terjadi pada lapisan bawah dari model OSI.

Pengguna Aplikasi, Jasa, dan aplikasi lapisan protokol

Lapisan Aplikasi menggunakan protokol yang diimplementasikan dalam aplikasi dan layanan. Sedangkan aplikasi memberikan orang dengan cara untuk membuat pesan dan jasa Aplikasi lapisan mendirikan sebuah antarmuka untuk jaringan, protokol menyediakan aturan dan format yang mengatur bagaimana data diperlakukan. Ketiga komponen dapat digunakan oleh program executable tunggal dan bahkan dapat menggunakan nama yang sama. Misalnya, ketika membahas “Telnet” kita dapat mengacu pada aplikasi, layanan, atau protokol.

 

5 comments

  1. lukmanfaruk · September 18, 2014

    Tambahkan contoh penerapan 7 lapisan OSI yang ada di sekitar anda

    Suka

  2. yuniarti · September 18, 2014

    oke 🙂

    Suka

  3. lukmanfaruk · September 20, 2014

    contohnya terlalu banyak tapi tidak mengerucut, mohon di perbaiki terlebih dahulu….

    Suka

Tinggalkan komentar