Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler)

Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input dan output.

Sejarah Mikrokontroler 2

Mikrokonktroler digunakan dalam produk dan alat yang dikendalikan secara automatis, seperti sistem kontrol mesin, remote controls, mesin kantor, peralatan rumah tangga, alat berat, dan mainan. Dengan mengurangi ukuran, biaya, dan konsumsi tenaga dibandingkan dengan mendesain menggunakan mikroprosesor memori, dan alat input output yang terpisah, kehadiran mikrokontroler membuat kontrol elektrik untuk berbagai proses menjadi lebih ekonomis. Penggunaan mikrokontroler, sebagai berikut :

  • Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas
  • Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi
  • Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak

sebuah mikrokontroler dapat berfungsi, maka mikrokontroler tersebut memerlukan komponen eksternal yang kemudian disebut dengan sistem minimum. Untuk membuat sistem minimal paling tidak dibutuhkan sistem clock dan reset, walaupun pada beberapa mikrokontroler sudah menyediakan sistem clock internal, sehingga tanpa rangkaian eksternal pun mikrokontroler sudah beroperasi.

Untuk merancang sebuah sistem berbasis mikrokontroler, kita memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak, yaitu:

  1. Sistem minimal mikrokontroler
  2. Software pemrograman dan kompiler, serta downloader

Yang dimaksud dengan sistem minimal adalah sebuah rangkaian mikrokontroler yang sudah dapat digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Sebuah IC mikrokontroler tidakakan berarti bila hanya berdiri sendiri. Pada dasarnya sebuah sistem minimal mikrokontroler AVR memiliki prinsip yang sama, yang terdiri dari 4 bagian, yaitu :

  1. Prosesor, yaitu mikrokontroler itu sendiri
  2. Rangkaian reset agar mikrokontroler dapat menjalankan program mulai dari awal
  3. Rangkaian clock, yang digunakan untuk memberi detak pada CPU
  4. Rangkaian catu daya, yang digunakan untuk memberi sumberdaya.

4 comments

  1. habibah54 · September 17, 2014

    ok saya sudh mulai paham dengan microkontroler , berarti mikrokontroler itu sangat bergununa bagi semua orang, dan microkontroler juga trnyata, banyak di gunakan oleh semua peralatan rumah tangga.
    tetapi saya agak kurang paham dengan AVR prinsip itu maksunya say kurang mengerti .

    Suka

  2. lukmanfaruk · September 17, 2014

    Tugasnya sudah bagus

    Suka

  3. dhinikhoirunnisa · September 17, 2014

    Oke terimakasih atas informasi nya, ini sangat bermanfaat sekali.

    Suka

Tinggalkan komentar